Wisata » Jatim » Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang: Tetesan dari Surga

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang: Tetesan dari Surga

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Oleh @yanto Tumpaksewu

Keindahan air terjun Tumpak Sewu oleh @yanto_tumpaksewu

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang – Gambaran nyata keindahan surga Tuhan. Wisata Tumpak Sewu bagaikan memberi bocoran keindahan surga nanti. Elemen alam berupa air, batu, tumbuhan, udara, matahari, bahkan sampai pelangi menjadi perpaduan apik di wisata satu ini.

Sekilas Mengenai Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu adalah air terjun dengan ketingian sekitar 120 meter. Wisata ini berada di perbatasan Lumajang dan Malang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu ini bisa dibilang sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Salah satu keindahan wisata ini yaitu formasi unik aliran air yang melebar seperti tirai. Lokasinya yang berada di dalam sebuah lembah curam. Mengingat lokasinya, wisatawn harus perlu extra hati -hati dan sedikit ngegass untuk sampai didasar Air Terjun ini. Walau begitu, perjalanan menuju dasar Air Terjun Tumpak Sewu ini dijamin akan memberikan kesan yang tak terlupakan. Memang semuanya butuh pengorbanan yang akan indah diakhirnya.

“serpihan surga itu masih ada”
Sambutan warga sekitar yang tertulis di jalan masuk menuju lokasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Setelah sampai di pintu masuk lokasi wisata, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju pos Panorama yang menyediakan tempat foto dengan latar belakang  Air Terjun Tumpak Sewu tracking atau kedasar Air Terjun dengan menuruni anak tangga extrem. Bagaimana tidak, rute ini terbuat dari bambu dengan berpegangan pada tali sebagai pengamannya. Selain rute bambu, kita masih ditemani curamnya jurang disekitar jalan. Harap bersabar semua itu hanya ujian. Selagi kita mematuhi petugas pemandu dan aturan yang ada tentu akan meminimalkan resiko yang ada.

Setelah melalui jalan extrem nan curam sekitar 30 menitan wisatawan akan disambut aliran sungai yang sejuk dan asri. Titik yang ditempuh tersebut belum ke titik utama masih membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai dipusat dasar Air Terjun Tumpak Sewu. Rute berikutnya akan berbeda, karena setiap langkah menuju dasar air terjun akan melepaskan penat dan stres dalam otak. Hembusan angin sejuk dan percikan air disela tebing yang menjulang membuat sepirit baru, tenaga, semangat terisi kembali. Inilah tetesan surga yang setiap sudutnya mempunyai keindahan.

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu Oleh @alifva

Air Terjun Tumpak Sewu oleh @alifva

Dasar Tumpak Sewu Oleh @ariyanto Wiji

Dasar Tumpak Sewu oleh @ariyanto_wiji

Dron Tumpak Sewu Oleh @antonchandra

Drone Air Terjun Tumpak Sewu oleh @antonchandra

Medan Tumpak Sewu Oleh @haris Wijono

Medan Air Terjun Tumpak Sewu oleh @haris_wijono

Rute Air Terjun Tumpak Sewu Oleh @erwin Wijaya92

Rute Tumpak Sewu oleh @erwin_wijaya92

Spot Foto Keren Tumpak Sewu Oleh @ervan Dimu

Spot Foto Keren Tumpak Sewu oleh @ervan_dimu

Tebing Tumpak Sewu Oleh @gedeleo

Tebing Tumpak Sewu oleh @gedeleo

Fasilitas Air Terjun Tumpak Sewu

Wisatawan hanya akan menemukan toilet dan kamar mandi disekitaran pintu masuk Tumpak Sewu. Berbagai pedagang disekitaran pintu masuk siap memenuhi kebutuhan pengujung. Selaian dipintu masuk, wisatawan akan menemukan secercik cahaya pelepas dahaga atau pedagang lagi setelah menuruni rute bambu.

Harga Tiket Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Tiket masuk untuk kawasan wisata Tumpak Sewu terbilang cukup murah, hanya sekitar Rp 3.000,- / orang. Sedangkan untuk parkir sekitar Rp 5.000,- kendaraan bermotor dan Rp 10.000,- untuk mobil. Selain itu tinggal beberapa duit untuk jajan bekal saja.

Lokasi Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jatim. Untuk menuju ke Air Terjun ini dapat diakses dari dua tempat, bisa dari Kabupaten Lumajang atau pun dari Kabupaten Malang. Jika dari Kabupaten Malang sekitar 50 Km atau sekitar 1,5 jam dapat melewati arah Bululawang – Turen – Dampit – Ampeelgading – Pronojiwo – Sidomulyo. Dapat ditempuh mengunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, dengan kontruksi jalan yang bagus halus, berkelok, naik turun.

Baiklah, itu tadi pemaparan surga yang tersembunyi Tumpak Sewu. Untuk yang berencana mengunjungi wisata ini :

  •  Sebaiknya berangkat dipagi hari
  • Mengunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki khusus outdor
  • Membawa pakaian ganti bagi yang kedasar Air Terjun
  • Pastikan kondisi sehat

Jangan lupa untuk selalu rendah hati dan selalu bersyukur, karena keindahan hanya milik Allah semata.

 

Baca Juga