Wisata » Jateng » Candi Borobudur Keindahan Tiada Tanding

Candi Borobudur Keindahan Tiada Tanding

Candi Borobudur Oleh @folkative

Candi Borobudur oleh @folkative

Keindahan Candi Borobudur – Menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, keelokan Candi Borobudur sudah tidak perlu diragukan kembali. Bahkan sampai saat ini tidak ada keindahan yang mampu menyainginya. Sebuah mahakarya atas kehendak sang Pencipta.

Sejarah Candi Borobudur

Belum ditemukan bukti tertulis yang menjelaskan tentang siapakah yang membangun Borobudur dan untuk apa pembangunanya candi ini. Perkiraaan Borobudur dibangun sekitar tahun 800 maseh. Hal ini berdasarkan perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhanga dengan jenis aksara yang biasa digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Kurun waktu ini sekitar 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah, yang saat itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Candi Borobudur diperkirakan memerlukan waktu sekitar 75 – 100 tahun dan dirampungkan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825.

Pendapat lain mengenai sejarah candi ini iyalah KH Fahmi Basya dalam bukunya menuturkan ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan Nabi Sulaiman. Antara lain hutan atau negeri Saba ( Wanasaba ), nama Sulaiman ( Sleman ), buah maja yang pahit ( Majapait ), dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba ( Ratu Boko ), Kisah Nabi Sulaiman direlief candi dan lainnya sebagainya. Dalam Al – Quran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, Al-Anbiya [21]: 78-81.

Tentunya perbedaan tersebut menimbulkan kontroversional dikalangan masyarakat. Oleh sebab itu biarlah ini menjadi tantangan bagi generasi berikutnya. Tugas yang ada sekarang mensyukuri karunia keindahan candi ini dengan menjadi wisatawan yang baik. Baiklah, kita tingalkan ini dan tetap melanjutkan untuk berwisata ke  Candi Borobudur.

Ketersediaan Fasilitas

Tak perlu diragukan lagi, fasilitas di tempat wisata sebesar Candi Borobudur akan selalu menjadi perhatian pengelola. Seperti tersedianya toilet yang cukup bagi wisatawan, terdapat wahana bermain, tempat kuliner dan berdirinya berbagai kelas penginapan disekitar kawasan candi. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan candi ini. Seperti contohnya mengelilingi candi dengan menyewa sepeda, menaiki gajah atau kereta kelinci, menikmati berbagai menu kuliner. Wisatawan akan dikagumkan saat diatas bangunan candi yang menawarkan keindahan alam sekitar candi serta sambutan sunrise maupun perpisahan sunrise. Masuknya cahaya sangsurya dari celah – celah candi hingga pudarnya cahaya keorenan disisi barat candi akan memberikan sebuah sajian yang sangat indah.

Harga Tiket Murah Untuk Kelas Wisata Dunia

Bagaimana tidak dibilang murah yang harga tiketnya untuk wisatawan lokal ( domestik )
Dewasa            Rp 40.000,-
Anak – Anak   Rp 20.000,-
Bandingkan dengan harga untuk wisatawan asing
Borobudur Entrance for Adult sekitar Rp 337.500,-
Borobudur Entrance for Children sekitar Rp 202.500,-
Harga tiket tersebut akan mendapat diskon jika berkunjung serombongan, dengan sarat dan ketentuan yang berlaku.

Berikut Foto Inspiratif Di Candi Borobudur

Alam Sekiter Borobudur Oleh @felzworld

Alam Sekiter Borobudur oleh @felzworld

Borobudur Magelang Oleh @imam Fotografer

Borobudur Magelang oleh @imam_fotografer

Borobudur Sore Hari Oleh @carmenhauptmann

Borobudur sore hari oleh @carmenhauptmann

Stupa Oleh @grassilein

Stupa oleh @grassilein

Sunrise Borobudur Oleh @yogyatravel

Sunrise Borobudur oleh @yogyatravel

Sunset Borobudur Oleh @chaufen

Sunset borobudur oleh @chaufen

Lokasi Candi Borobudur

Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Berlokasi 100 kilometer dibarat daya Kota Semarang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sekitar 86 kilometer disebelah barat Surakarta dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Kurang lebih 40 kilometer disebelah barat laut Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
Saat menaiki Candi Borobudur disiang hari akan terasa sangan menyengat, karena bahan baku candinya sendi terbuat dari batu alam yang tidak ditumbuhi pepohonan. Sebaiknya saat berkunjung di candi ini, wisatawan membawa payung dan tikar atau dapat menyewa keduanya dikawasan candi. Disarankan berkunjung dipagi hari atau sore hari akan menambah keindahan candi ini.

Seperti itulah sedikit tentang Candi Borobudur. Marilah menjadi wisatawan yang cerdas untuk selalu menjaga dan mendukung kemajuan tempat wisata Indonesia. Sekian dan Happy traveling…

Baca Juga