Wisata » Jateng » Lawang Sewu Pintu Dunia Lain

Lawang Sewu Pintu Dunia Lain

Lawang Sewu  – Sebuah gedung tua yang sempat terbengkalai. Tempat penyiksaan dan hukuman pada masanya. Kini meningalkan misteri di balik pintu – pintu yang masih kokoh berdiri. Bagaikan pintu kemana saja yang membawa ke dunia lain pada masa penjajahan Belanda. Bukan penderitaan atau pun misterinya melainkan suguhan nan indah arsitektur bangunan khas Belanda yang dipadukan dengan iklim daerah Semarang.

Walau banyak dikenal akan keangkeranya, dunia lain ini bukan tentang hal – hal tersebut. Dunia lain yang dimakud adalah suasana baru yang menenangkan, memberikan wawasan, dan keindahan bangunan kuno yang masih kokoh. Bangunan Lawang Sewu dibangun pada 27 Februari 1904 dengan nama lain Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT KAI. Selain itu Gedung tua ini juga menjadi lokasi pertempuran hebat antara pemuda AMKA ( Angkatan Muda Kereta Api ) melawan Kempetai dan Kidobutai dari Jepang. Oleh karena itu tidak heran jika bangunan ini menjadi situs bersejaran yang patut untuk dilindungi dan dikunjungi.

Fasilitas Lawang Sewu

Selain keindahan bangunan, pernak- pernik  dan pintu – pintu yang bersejarah. Wisatawan dapat meminta pemandu untuk kejelasan seluk beluk Lawang Sewu. Jika dirasa kurang puas wisatawan bisa mengunjungi penjara bawah tanah yang cukup extrim dan menantang. Pengunjung akan ramai ketika sore hari, selain menemukan lampu bangunan yang menambah cantik, suasana penuh misteripun akan sangat terasa. Setiap weekend wisatawan dapat berpartisipasi atau menikmati musik live khas Jawa. Ada pula kantin yang menyediakan makanan didalam kawasan wisata ini.  Mengenai fasilitas umum seperti toilet dan semacamnya sudah tersedia dengan perawatan yang baik. Lain halnya dengan lahan parkir yang sangat kurang mengingat populernya kawasan wisata ini.

Harga Tiket Lawang Sewu

Harga Tiket tempat wisata yang dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB ini  tergolong cukup murah. Pengunjung dewasa hannya dikenakan harga Rp 10.000,- sedangkan untuk pelajar dan anak – anak Rp 5.000,-. Mengenai parkir sekitar Rp 35.000,- hal ini dikarenakan parkir ditempat ilegal oleh karena itu usahakan mendapat tempat parkir yang wajar. Harga makanan didalam kawasan sedikit lebih akan lebih murah dengan pilihan beragam jika keluar disekitaran bangunan.

Koleksi Foto

Fasilitas Lawang Sewu

Fasilitas Lawang sewu

Lawang Sewu

Lawang sewu

Pintu Lawang Sewu

Pintu Lawang Sewu

Wisata Malam Copy

Wisata malam

Wisata Malam Lawang Sewu Copy

Wisata malam Lawang Sewu

Wisata Semarang Copy 2

Wisata Semarang

Lokasi

Lokasi yang berada di perkotaan tepatnya di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang Jawa Tengah. Melihat lokasinya selain berkunjung ke LawangSewu dapat pula mengunjungi tugu muda. Jika mengunjungi tempat ini serasa menyaksikan sejarah yang berbaur dengan moderenisasi.

Demikianlah wisata Lawang Sewu Pintu Dunia Lain yang menawan. Jika berkunjung ke Semarang jangan lewatkan wisata ini. Happy traveling..

 

Pic by :

@yattisuhaimi
@r.ach.man
@16kanapipennie
@dian.wulan.dari
@limpad_nurrachmad

Baca Juga