Wisata » Harga Tiket » Tempat Wisata Unik Di Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung

Tempat Wisata Unik Di Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung

Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung

Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung – Sedang berada di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Temanggung sayang jika melewatkan tempat wisata unik satu ini. Berkonsep memanfaatkan kekayaan alam serta kearifan lokal warga setempat lahirlah tempat wisata unik bernama Pasar Papringan Ngadiprono.

Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung, papringan sendiri merupakan bahasa jawa yang artinya kebun pohon bambu. Bambu memiliki nilai estetis tinggi sekaligus beragam manfaatnya. Mulai penghasil oksigen, menyuburkan tanah, bahan material bangunan, hingga menjadi obyek yang menyejukan. Berlandaskan hal itu warga Ngadiprono bertekat untuk mengubah kebun bambu yang kumuh menjadi tempat wisata populer di Temanggung.

Tempat wisata Temanggung Pasar Papringan Ngadiprono merupakan tempat wisata yang cocok untuk semua anggota keluarga. Berdiri diatas lahan kebun bambu seluas 2.500 meter persegi, pasar ini siap menjamu para wisatawan. Namun perlu di ingat bahwa pasar ini hanya akan buka pada Ahad Wage dan Ahad Pon saja, mulai pukul 6.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Di Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung wisatawan dijamian akan menemukan hal – hal baru. Banyak kearifan lokal warga setempat yang dipamerkan di lokasi ini. Mulai dari kuliner Jadul, Pernakpernik kerajinan tangan, hingga hasil pertanian. Uniknya lagi Rupiah tidak berlaku untuk belanja di pasar Bambu Temanggung ini. Wisatawan harus menukarkannya dengan uang Papringan yang 1 kepingnya setara dengan Rp 2.000,-.

Fasilitas Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung

Pasar Papringan ini mengambil konsep alam yang semuanya terbuat dari bambu. Mulai dari alat tukarnya yang berupa uang berbentuk persegi panjang kecil hingga furnitur yang digunakan semua dari bambu. Wisatawan benar benar akan merasakan kreativitas tinggi saat mengunjungi lokasi wisata ini.

Di dalam pasar terdapat kurang lebih 50 lapak dagangan yang menawarkan olahan kuliner khas dan tradisional, hasil pertanian, hingga kerajinan produksi lokal masyarakat. Wisatawan dapat menemukan makanan tradisional seperti klethikan, sego jagung putih, kupat tahu, sego gono, sate jamur, dawet ireng, lontong mangut dan masih banyak lagi.

Bukan hanya kuliner saja yang menari di pasar ini. Ada juga lapak yang jualan produk kerajinan seperti mainan anak, besek ( kardus jawa ), sampai alat rumah tangga. Wisatawan juga dapat membeli sayur mayur segar hasil bumi warga Ngadiprono. Namun wisatawan yang akan membawa oleh – oleh disarankan untuk membeli keranjang bambu terlebih dahulu, karena plastik tidak diperkenankan di lokasi wisata ini.

Sembari menikmati berbagai hidangan kuliner istimewa dan ditemani semilir angin di sela pohon bambu, wisatawan juga akan di hibur dengan kesenian tradisional khas Temanggung. Kesenian tersebut berupa tari, musik karawitan, musik tradisional samai permainan – permainan yang hampir terlupakan. Tentunya pertunjukan pertunjukan seni di pasar ini akan membangkitkan kembali kenangan masa tradisional dahulu.

Sejuk dan sunyinya dibawah rindangnya pohon bambu juga dapat menyegarkan pikiran. Apa lagi dengan menambah wawasan di perpustakaan pasar Papringan ini. Tentu akan semakin lengkap berwisata di tempat wisata ini.

Pasar ini juga dekat dengan berbagai penginapan. Sedangkan yang ingin lebih merasakan nuansa pedesaan bisa menginap di Homestay Spedagi. Dengan membayar 150.000/malam/orang, wisatawan Fasilitas :
– Menginap 1 malam di Homestay Spedagi
– Voucher sarapan di Pasar Papringan senilai 10 Pring (Rp. 20.000,00)

Selain itu semau, didekat pasar ini juga terdapat wahana permainan tubing di sungai atau Kali Ngadiprono di bawah pengelola dengan nama Mata Air Ngadiprono. Jadi, tidak ada ruginya mengajak semua angota keluarga berwisata sambil belajar di Pasar Papringan Ngadiprono Temanggung.

Harga Tiket Masuk Pasar Papringan

Wisatawan yang ingin mengunjungi Pasar Papringan ini diwajibkan untuk menukarkan uangnya dengan uang pring. Satu keping uang pring senilai dengan Rp 2.000,-. Harga harga di dalam pasar ini mulai dari 1 Pring hingga 100an Pring. Seperti makanan ringan hanya berkisar 1 – 2 Pring, sedangkan makanan berat sekitr 3 pring saja.

Lokasi Pasar Papringan Temanggung

Pasar Papringan / lokasi Pasar Bambu temanggung berada di desa Ngadiprono. Tepatnya di alamat Dusun Ngadiprono, Ngadiprono, Ngadimulyo, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah ( Gmap ). Perjalanan dari Semarang kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan. sedangkan dari Jogja sekitar 3 jam an. Tersedia angkutan umum “angkudes” jalur 5 dari ngimbrang kedu jumo. Bus Besar tidak bisa mendekat ke lokasi, harus berhenti di jarak sekitar 200 m.

Galeri Foto Pasar Papringan Ngadiprono

Tempat Wisata Temanggung

Tempat Wisata Temanggung

Pasar Papringan Ngadiprono

Pasar Papringan Ngadiprono

Rekreasi Keluarga Di Jawa Tengah

Tempat Rekomended Rekreasi Keluarga Di Jawa Tengah

Pasar Bambu Temanggung

Pasar Bambu Temanggung

Uang Pring Pasar Papringan Ngadiprono

Uang Pring Pasar Papringan Ngadiprono

Kuliner Khas Pasar Papringan

Kuliner Khas Pasar Papringan

Mainan Anak Tradisional

Mainan Anak Tradisional

Oleh Oleh Khas Temanggung

Oleh – Oleh Khas Temanggung

Pasar Papringan Jateng

Suasana Pasar Papringan Jateng

Fasilitas Pasar Papringan Ngadiprono

Fasilitas Pasar Papringan Ngadiprono

Kesenian Jawa

Kesenian Jawa Di pasar Papringan

Perpustakaan Bambu Pasar Papringan

Perpustakaan Bambu Pasar papringan

Penginapan Di Pasar Papringan Temanggung

Penginapan di Pasar papringan Temanggung

By: @pasarpapringan @novemlawalata @Makangenic

Demikian informasi tempat wisata hits di Temanggung yaitu Pasar Papringan Ngadiprono. Contak lanjut  di @pasarpapringan. Dapatkan informasi tempat wisata baru lainnya hanya di wisatakaka.

Baca Juga