Wisata » Jateng » 12 Tempat Wisata Di Magelang Paling Populer yang Harus Di Agendakan

12 Tempat Wisata Di Magelang Paling Populer yang Harus Di Agendakan

Tempat Wisata Di Magelang – Magelang Jawa Tengah, Kota kecil yang kaya akan wisatanya. Dari wisata alam hingga wisata sejarah semua ada di Kota Magelang. Letaknya yang tidak jauh dari Jogja ikut menambah ketenaran wisata Magelang. Suasana yang bersih sejuk memberikan kenyamanan saat berkunjung di kota ini. Lalu wisata apa saja yang ada di Kota Magelang ini ?
Berikut daftar tempat wisata di Magelang yang di rekomendasikan untuk dikunjungi :

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur, menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang keelokannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Wisata ini menjadi tujuan utama saat ke Magelang. Keindahan yang tak bisa di ungkapkan, seraya membuktikan akan ke Agungan-Nya. Selain itu wisata candi Borobudur kini menyediakan berbagai wahana seru untuk menyambut wisatawan. Wisata ini Beralamat di Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jam Buka Candi Borobudur mulai buka pada pukul 06.00 Wib untuk menikmati matahari terbit.

2. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Obyek Wisata Taman Kyai Langgeng ini berada 1 Km dari pusat Kota Magelang. Taman ini merupakan tempat rekreasi keluarga dengan pesona alam hutan buatan yang berisi berbagai macam tanaman/pohon tersebar di area seluas 27,36 Ha. Selain itu wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Wahana Permainan, Wahana Petualangan, Wahana Edukasi, Wahana Air, Wisata Religius, serta fasilitas pendukung Rest Area (Parkir Luas, Warung Makan/Food Court, Kamar Mandi, Toilet, Mushola, Kedai Souvenir, & Akses WIFI kecepatan tinggi). Jika berkunjung ke tempat wisata ini dijamin semua kebutuhan berwisata akan terpenuhi. Lokasi wisata taman Kyai Langgeng di Jalan Cempaka No. 6, Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Wisata ini buka pada jam 08.00 – 17.00 WIB.

3. Pecinan Magelang

Pecinan Magelang

Pecinan Magelang

Pecinan atau jalan pemuda magelang atau di sebut juga malioboronya magelang (Borobudur Street Market ) merupakan wisata kota magelang yang dijadikan sebagai pusat perbelanjaan yang lengkap. Mulai dari toko perhiasan, restauran, oleh-oleh, dll. Letaknya yang berada di jalan utama dari kota magelang, di sebelah alun-alun kota menjadikan kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung. Kawasan Pecinan tepatnya di Jl. Pemuda No.95, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122.

4. Gereja Ayam

Gereja Ayam

Gereja Ayam

Gereja Ayam tentunya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan terutama masyarakat Magelang dan sekitarnya. Tempat yang digunakan sebagai shooting film AADC ini sekarang hits dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Walau kondisi Gereja ini terbengkalai tetap tidak mengurangi minat wisatawan untuk menyaksikan keunikan lokasi ini. Adapun fakta unik dari objek wisata Magelang ini adalah bahwa bentuk fisiknya justru tidak berupa ayam namun lebih ke burung merpati yang di kepalanya terdapat mahkota. Alamat Gereja Ayam di Dusun Gombong, Kembanglimus, Jawa Tengah, Magelang, Jawa Tengah 56553.

5. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Masih di lokasi shooting film Ada Apa Dengan Cinta 2, yaitu mengenai tempat yang disebut sebagai Punthuk Setumbu ini. Yap, tempat ini adalah tempat dimana Cinta dan Rangga menghabiskan waktu untuk menikmati sunrise. Bukit Punthuk Setumbu ini memiliki pemandangan pagi yang mempesona. Selain bisa menyaksikan sunrise yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi atau Merbabu, wisatawan juga bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian. Tak heran jika wisata Punthuk Setumbu Magelang menjadi lokasi favorit menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer. Jam Buka Punthuk Setumbu 24 Jam pada Weekend.

6. Ketep Pass

Ketep Pass

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass yang dahulu bernama Gardu Pandang Ketep ini dibangun di atas lahan seluas 8000 meter persegi. Dari sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang memukau sambil menjajal aneka jajanan khas, seperti jagung bakar, mendoan dan susu jahe panas. Kini di Ketep Pass juga memiliki beberapa fasilitas yang berkaitan dengan aktivitas gunung, seperti Museum Vulkanologi. Ketep Pass berlokasi di Jl. Ketep, Sawangan, Magelang, atau sekitar 30 kilometer dari Kota Magelang dan Candi Borobudur.

7. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Tempat Wisata Di Magelang berikutnya adalah wisata Air Terjun Kedung Kayang. Wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar berpetualang, karena untuk sampai di pusat air terjun harus melewati jalan setapak yang menantang. Walaupun begitu semua lelah akan terbayar dengan keindahan alam yang begitu asri di lokasi air terjun ini.
Air Terjun Kedung Kayang berlokasi di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, sekitar 3 kilometer dari Objek Wisata Ketep Pass. Objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

8. Gunung Andong

Gunung Andong

Gunung Andong

Gunung Andong hanya memiliki tinggi tak sampai 2000 mdpl, sehingga sangat ramah bagi wisatawan yang masih pemula dalam pendakian. Gunung yang terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag ini merupakan salah satu dari gunung yang melingkari Magelang. Gunung Andong ini memiliki dua jalur pendakian, yaitu via Basecamp Sawit dan Dusun Pendem. Sebagai salah satu puncak gunung yang mudah dicapai, wisata gunung Andong ini menjadi favorit para pecinta alam.

9. Wisata Arung Jeram Kali Progo

Wisata Arung Jeram Kali Progo

Wisata Arung Jeram Kali Progo

Selain dikenal kaya akan wisata sejarah, Kota Magelang juga terkenal akan wisata arung jeram (rafting). Salah satunya adalah arung jeram di Kali Progo. Bersumber dari lereng Gunung Sumbing yang mengalir ke arah tenggara, bagian hulu sungai ini banyak memiliki jeram yang memacu adrenalin. Didukung oleh pemandangan alam disepanjang aliran sungai yang memukau, menjadikan wisata Kali Progo ini jujugkan para pecinta wisata adrenalin.
Lokasi Wisata Arung Jeram Kali Progo berada di satu wilayah dengan Taman Wisata Kyai Langgeng.

10. Kali Elo

Kali Elo

Kali Elo

Sedikit berbeda dengan Wisata Jeram Kali Progo. Wisata Kali Elo berupa Arung Jeram Sungai Elo dengan kegiatan wisata menyusuri sungai Elo grade II+, kategori pemula, sepanjang 11 Km menggunakan perahu arung jeram, dengan didampingi pemandu profesional pada setiap perahunya. Start dari Jembatan Blondo, finish di jembatan mungkid kabupaten Magelang, dengan lama kegiatan 2.5 jam.

11. Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Pemandian Air Hangat Candi Umbul

Candi Umbul adalah situs purbakala berupa pemandian air panas yang terletak di Desa Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Wisata ini memiliki 2 kolam berukuran besar, 1 berisi air panas dan 1 kolam berisi air dingin.

12. Kalibening

Kalibening

Kalibening

Wisata Taman Air Kalibening Magelang. Keberadaan Taman air sabda Alam kalibening semakin melengkapi tujuan wisata di Magelang. Wisata Taman Air ini berada di dusun Kalibening, Keamatan Secang, Kabupaten Magelang. Menariknya lagi, wisata ini berlatar belakang pemandangan Gunung Sumbing yang sangat indah disisi barat. Wisata Magelang ini menempati area kurang lebih 2008 meter persegi yang akan membuat wisatawan semakin betah menikmati berbagai wahana yang ada di Taman Air Sabda Alam Kalibening ini.

Baca Juga