Wisata » Jogja » Tips Baru Berwisata ke Pantai Parangtritis

Tips Baru Berwisata ke Pantai Parangtritis

Parangtritis –  Menurut Pakde Didi Kempot ” Parangtritis, Ning kono ono wong manis, Yen eleng reneo gelis “. Yap betul, Jogja memenag kebanyakan orangnya manis – manis. Kalau inget atau punya kenangan dengan orang Jogja pastinya pengin cepat – cepet ke Kota Gudeng ini. Nah mungkin Pakde punya kenangan dengan Jogja dengan Pantai Parangtritis  ini yaa.

Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang sangat terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi para wisatawan. Terletak di Kabupaten Bantul sekitar 27 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis sangat populer dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Pantai ini sangat erat kaitanya dengan Kraton Mataram Yogyakarta. Menurut beberapa sumber jika kita menarik garis lurus dari Gunung Merapi Lalu Ke Kraton Mataram Yogyakarta maka Pantai Parangtritis akan berada lurus diujung selatan. Saking populernya Pantai Parangtritis banyak wisatawan yang sudah berkunjung kesana dan mengangap telah menyelesaikan misi berwisata dipantai ini. Eitss tunggu dulu, sudahkah ada benar – benar menghabisi keindahan pantai ini ? Jika belum, wisatakaka akan memberikan trik seru bernostalgia di Pantai Parangtritis.

Tips Pertama

Mulailah berwisata ke Pantai Parangtritis di pagi hari. Dalam perjalanan menuju ke pantai selalu waspada, karena dikanan kiri jalan akan banyak penjual sarapan pagi. Mulai dari menu bubur, soto, hingga nasi Gudeg. Sesampainya di kawasan Parangtritis sebaiknya menuju ke wahana gumuk pasir.

Gumuk Pasir Parangtritis Oleh @faandi

Gumuk Pasir Parangtritis Oleh @faandi

Soto Jogja Oleh @uda Dede

Soto Jogja oleh @uda_dede

Gumuk Pasir berada diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Gumuk atau Gundukan pasir merupakan material dari abu vulkanik gunung yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Gumuk atau gundukan inilah yang menjadi obyek baru dikawasan Parangtritis. Wisatawan dapat bermain seluncur diatas pasir layaknya seluncur diatas es. Wisata ini memang pas saat pagi hari, karena jika siang dikawasan Gumuk ini panasnya seperti dipadang pasir.

Tips Ke Dua

Pantai Parangtritis Oleh @shuyin Susu

Pantai Parangtritis oleh @shuyin_susu

Teriknya matahari yang mulai menyapa, menandakan untuk segera berpindah ke bibir Pantai Parangtritis. Bermain ombak sekaligus membersihkan badan dari pasir yang menempel dari Gumuk pasir merupakan tips kedua yang sebaiknya dicoba. Ditemani segarnya kelapa muda sambil bersantai menikmati hembusan angin pantai dijamin akan mengendorkan saraf stres wisatawan.

Tips Ke Tiga

Kuliner Pantai Depok Oleh @lamkutatour

Kuliner Pantai Depok oleh @lamkutatour

Setelah puas bermain air dan membersihkan diri dikamar mandi yang tersebar diberbagai tempat. Saatnya untuk bersantap sea food di Pantai Depok. Lokasi pantai ini berada dibarat Pantai Parangtritis hanya sekitar 3 Km untuk sampai dipantai ini. Pantai Depok menjajakan berbagai macam ikan laut. Wisatawan dapat memilih sendiri ikan yang diinginkan. Biasanya banyak warung disekitar pantai ini yang menawarkan jasa memasak ikan. MAsalah rasa wisatawan tak perlu kuwatir deh, masyarakat Pantai Depok selalu mengedepankan kepuasan pelangan.

Tips Ke Empat

Bukit Paralayang Oleh @jogjaku

Bukit Paralayang oleh @jogjaku

Selesai makan di Pantai Depok, perkiraan sudah sore hari. Yupii, saatnya menikmati Sunset di Pantai Parangtritis. Tapi tunggu dulu, sebaiknya wisatawan menikmati sunset dari sudut yang berbeda yaitu dari Bukit Paralayang. Bukit Ini berada ditimur Pantai Parangtritis. Dari Bukit ini wisatawan dapat menikmati sunset dipadukan dengan Pantai Parngtritis. Dijamin momen ini dapat sesaat menenangkan kehidupan.

Tips Ke Lima

Mie Letek Jogja Oleh @nakndaru

Mie Letek Jogja oleh @nakndaru

Saat kembali ke Penginapan, saat tepat mencari yang hangat. Bakmi Jawa mi Letek, ya bakmi ini memang sudah mendunia. Kuah kaldu ayam kampung yang gurih dicampur mi Letek Khas Jogja ini dapat dibilang sebagai obat penghilang capek. Saking populernya, wisatawan akan banyak menemui warung bakmi ini disepanjang jalan Parangtritis.

Begitulah tips seru menikmati Pantai Parangtritis. Selamat mencoba, selamat berwisata. Selalu hati – hati dalam berpergian dan sempatkan lah berdoa terlebih dahulu.

 

Baca Juga