Wisata » Jatim » Wisata Bromo Lautan Pasir Jawa Timur

Wisata Bromo Lautan Pasir Jawa Timur

Wisata Lautan Pasir – Bromo sebagai salah satu kawasan wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. Hamparan lautan pasir yang membentang, medan extrime, suhu dingin yang menusuk tulang, debu, hingga sightview ketika matahari terbit dan terbenam. Semua pengalaman tersebut dapat diperoleh ketika mengunjungi ini.

Hamparan pasir bak lautan didaerah pegunungan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lautan pasir yang biasanya untuk latar foto dengan Gunung Bromo, lautan pasir ini juga menjadi tempat penikmat offroad. Mereka dapat memacu tungganganya saat berada dikawasan pasir ini. Bukan hanya mobil 4 x 4/ motor cross tetapi banyak wisatawan menjadikan kawasan ini tujuan touring selaian itu penghobi kuda dengan muda ditemui di Wisata Bromo ini.

Fasilitas Wisata Bromo

Layaknya sebuah gunung, wisata Bromo ini juga minim fasilitas umum. Fasilitas umum hanya tersebar dibeberapa titik saja. Lain halnya dengan warung, akan ditemui banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman. Dikawasan Bromo ini akan banyak jasa yang menawarkan paket wisata mengunakan kendaraan – kendaraan khas medan pasir. Wisatawan juga dapat menyewa tenda untuk camping di Kawasan Bromo. Ya bisa diangap berwisata alam atau muncak tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Selain menyajikan lautan pasir, kawasan wisata Bromo ini juga mempunyai banyak tempat – tempat yang  tak kalah indah. Sebagai contohnya, saat melewati jalur Lumajang kita dapat sejenak menikmati keindahan Gunung Bromo dari puncak B29. Kawasan B29 dengan hawanya yang dingin sangat favorit sebagai tempat bercamping. Selain itu juga ada padang rumput savana, sebelum memasuki lautan pasir wisatawan akan melewati padang rumput savana dan bunga. Masih satu jalur dengan padang rumput savana, wisatawan juga akan menemui bukit Teletubis. Bukit indah diselimuti rerumputan hijau akan membawa kita ke film Teletubis. Serta beberapa lokasi melihat sunrise ya itu Penanjakan 1 Bromo, Penanjakan 2, Bukit Mentigen. Bukit Mentigen disarankan untuk melihat sunrise dengan mudah, karena hanya tinggal jalan kaki dari daerah penginapan sekitar Cemara Lawang Probolinggo.

Harga Tiket Wisata Bromo

Akan banyak jasa yang menawarkan paket wisata Bromo. Sebagai gambaranya akan dipatok harga sekitar Rp 350.000,- sampai Rp 1.000.000,- harga menyesuaikan paket wisata yang ditawarkann. Bagi yang berencana menyewa mobil 4 x 4 dapat menyiapkan dana sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.600.000, harga ini tentunya tergantung tempat penjemputan ada yang dijemput dari penanjakan sampai penjemputan dari Malang. Sesampainya dikawasan Wisata Bromo wisatawan juga dapat menungangi kuda dengan membayar Rp 50.000 untuk sekali jalan. Untuk makanan dan minuman ringan akan sedikit lebih mahal sesuai suasnanya tempat yang indah.

Momen Foto di Bromo

4wd Wisata Bromo By @tria Laksana

4wd Wisata Bromo by @tria_laksana

Downhill Bromo By @dewanirawan

Downhill Bromo by @dewanirawan

Sunrise Bromo Oleh @arda Photograph

Sunrise Bromo oleh @arda_photograph

View Point Seruni By @gustindra

View Point Seruni by @gustindra

Lokasi Wisata Bromo

Perjalanan melalui pintu barat dari arah Pasuruan masuk Desa Tosari. Dari jalur ini menuju ke pusat objek wisata ( lautan pasir ) terbilang cukup berat karena medan yang harus mengunakan kendaraan offroad/4×4 karena jalan turunan dari penanjakan kearah lautan pasir sangat curam,  Namun bila ingin menyaksikan sunrise yang sering ditampilkan di foto – foto dari puncak penanjakan maka akan lebih praktis melewati jalur pintu barat ini.

Melalui pintu utara dari arah sebelum masuk Probolinggo yaitu pada daerah Tongas. Medan menuju Desa Cemoro Lawang sebelum turun menuju lautan pasir tidaklah terlalu berat karena turunan dari lerengnya tidak curam sehingga sepeda motor standar dapat melaluinya. Sehingga jalur ini dijadikan jalur pilihan mudah bagi wisatawan.

Bagi wisatawan beerjiwa petualangan dapat melalui Malang – Tumpang kemudian masuk Kota Pronojiwo lalu akan melalui cagar alam yang sangat indah. Dari sini wisatawan akan menjumpai pertigaan, bila kearah selatan akan memasuki Ranu Pane dan kearah utara memasuki lautan pasir Bromo.  Jalan memasuki lautan pasir ini sebenarnya tidak terlalu curam dan dapat dilalui sepeda motor, namun memerlukan jiwa petualang karena jalurnya yang masih jarang dilewati dan tidak ada satupun persinggahan maupun rumah penduduk. Jalan ini mengitari Gunung Bromo melewati medan pasir selama kurang lebih 3 jam. Medan yang berat akan  diganjar dengan rahasia Bromo yang lain, yang jarang dilihat wisatawan, yaitu padang ruput savana dan bunga yang sangat luas berada dibalik Gunung Bromo. Sungguh pemandangan yang berkebalikan pada sisi Utaranya yang gersang dan berdebu.Perlu diingat, sebaiknya jangan melalui jalur ini pada malam hari atau dalam cuaca yang berkabut karena jalur tidak akan terlihat dalam kondisi ini.

Demikianlah pemaparan wisata Bromo, semoga dapat menambah informasi. Happy traveling…

Baca Juga